Home » » Cara Jitu Merawat sepeda

Cara Jitu Merawat sepeda

Subratagoweser.com – Bersepeda akan terasa nyaman jika sepeda yang kita kendarai selalu dalam kondisi bagus, bagaimana Cara Jitu Merawat Sepeda agar selalu dalam performa maximum. 

Tips dan Trik untuk merawat sepeda:


Merawat sepeda, cuci sepeda, benerin sepeda

1. Pembersihan
Untuk menjaga kelancaran seluruh mekanisme pada sepeda, sangatlah penting untuk membersihkan kotoran pada semua komponen sepeda yang bergerak. 
Secara rutin lepaskan rantai dan bersihkan dari kotoran yang menempel. 
Membersihkan velg sebaiknya menggunakan dan di keringkan dengan kain.
Jangan menggunakan semprotan air yang bertekanan tinggi untuk membersihkan sepeda Anda.

2. Pelumasan
Selalu lakukan pelumasan dengan menggunakan oil atau pelumas khusus sepeda secara rutin dan pada saat:

  • Sesudah di bersihkan atau selesai di cuci.
  • Ketika mau di pakai atau mau gowes.
  • Sepeda akan di simpan dalam jangka waktu yang lama
Bagian-bagian di bawah ini yang arus di isi pelumas atau oil:
  • Rantai - putarlah rantai sambil mengoleskan oli atau pelumas pada semua rantai. Dan bersihkan oli atau pelumas yang berlebihan dengan kain.
  • Persendian RD &FD - Ini di lakukan untuk memperoleh ringan gerakan RD/FD dalam pengoperasian pindah Gir. klau dalam keadaan kotor dan kering, pasti akan terasa kurang pas dan nyaman dalam pengoperasian pindah girnya.

Perhatikan: jangan sampai oli/pelumas mengenai ban, velg, karet rem V- brake/kampas rem Dis-brake dan rotor/piringan cakram. Hal ini bisa menyebabkan gangguan pada pengereman. Hindari juga pemberian oil/pelumas yang berlebihan,karna akan menyebabkan kotoran lengket.

3. Penyimpanan sepeda
Bila sepeda tidak rutin di pakai atau akan di simpan jangka waktu yang agak lama,lakukan hal-hal berikut untuk menjaga supaya sepeda tetep dalam keadaan baik.
  • Pastikan sepeda dalam keadaan bersih dan sudah di beri pelumas.
  • Simpan di tempat yang kering.
  • Untuk melindungi ban, disarankan untuk menyimpan sepeda dengan posisi. Ban terangkat dari lantai,bisa dengan cara menggantung sepeda atau bisa dengan memasang Pedok pada kedua roda depan dan belakang.
  • Jagalan agar ban selalu terisi udara
  • Ingetlah pada waktu hendak memakainya harus di cek terlebih dahulu sebelum di pakai gowes.

4. Roda
Keadaan roda sangat erat hubungannya dengan fungsi rem. Cara perawatan terbaik adalah dengan mengecek secara berkala,biar tidak ada masalah yang fatal terjadi.

  • Velg kotor atau berminyak bisa menyebabkan rem tidak berfungsi jika memakai rem v-break. Bersihkan velg dengan air sabun bilas dan keringkan.
  • Roda tidak lurus,roda merupakan bagian yang menanggung beban yang berat. Spoke perlu dikencengkan dan di setel secara rutin sehingga roda tetep dalam keadaan bulat dan simetris. Sebaiknya penyetelan di lakukan oleh teknisi karena memerlukan keahlian khusus.
5. Ban
Jagalah agar ban mempunyai tekanan yang sesuai dengan takaran yang tertera pada dinding ban atau minimum 40 psi.

Demikian ulasan tentang Cara Jitu Merawat sepeda. Mohon di share biar temen-temen Goweser bisa tau cara merawat sepedanya dengan benar.
Trimakasih...


0 komentar:

Post a Comment