Home » » Tempat Wisata Penelokan Kintamani Dan Danau Batur

Tempat Wisata Penelokan Kintamani Dan Danau Batur


Objek Wisata Danau Batur

 Salah satu obyek wisata yang layak dikunjungi di bali adalah keindahan danau Batur atau lebih di kenal dengan Kintamani. Obyek wisata yang terletak di desa Batur, Kecamatan Kintamani kabupaten Bangli. Permukaan laut dengan suhu udaranya berhawa sejuk pada siang hari dan dingin pada malam hari. Di dalam perjalanan menuju kintamani anda akan melewati beberapa obyek wisata yang gak kalah indahnya dengan Kintamani dalam perjalanan anda dari denpasar. Pertama anda akan melewati obyek wisata Ubud, berjalan keutara kurang lebih 30 menit perjalanan anda akan melewati Ceking Terrace yg berada di kawasan TegalallangBerjalan ke utara 10 menit lagi anda akan menemukan obyek wisata Bali Pulina. Untuk sampai ketempat tujuan yaitu Kintamani anda arus dalam perjalan kurang lebih 1 jam untuk sampai di tempat tujuan yaitu Penelokan Kintamani. Yang sesuai namanya dalam bahasa bali yang berarti tempat untuk melihat-lihat merupakan lokasi paling strategis untuk menikmati pemandangan alam di kawasan ini.

Penelokan terletak di wilayah Desa Kedisan, salah satu desa di Kecamatan Kintamani. Dari Penelokan kita bisa menyaksikan pemandangan menakjubkan. kombinasi antara Gunung batur beserta hamparan bebatuan hitam dengan Danau batur yang berbentuk bulan sabit berwarna biru di sebuah kaldera yang oleh wisatawan-wisatawan dikatakan sebagai kaldera terindah di dunia. Penelokan sudah mempunyai infrastruktur yang cukup memadai sebagai tempat wisata, antara lain penginapan maupun restoran. Dari penelokan kita mempunyai dua alternatif untuk melanjutkan perjalanan di Kintamani. pertama kita bisa melanjutkan ke arah utara menuju Desa Batur.
Di desa ini kita bisa berkunjung ke salah satu Pura kahyangan jagat di Bali yang bernama Pura Batur. pura ini pada awalnya terletak di sebelah barat daya Gunung batur yang kemudian dipindahkan bersamaan dengan pindahnya warga desa ke bagian atas. Alternatif kedua kita bisa turun ke pusat Desa Kedisan untuk selanjutnya menyeberang melintasi danau ke sebuah desa tua yang bernama Terunyan. Di Desa Terunyan kita bisa melihat peradaban Bali kuno yang disebut Bali aga. di desa ini orang-orang yang sudah meninggal tidak dikubur tetapi diletakan begitu saja di bawah sebuah pohon. Mayat-mayat ini tidak mengeluarkan bau sama sekali. Desa-desa Kintamani dan Penelokan memberikan pemandangan yang menakjubkan dimana terdapat Gunung Batur yang masih aktif dan danau yang fantastis.
Dengan diameter Tujuh mil dengan kedalaman kaki enam puluh mil, kaldera Batur sungguh mengesankan. Dari Penelokan, anda dapat mengambil jalan ke Kedisan di tepi danau dimana perahu bisa disewa untuk menyeberang ke Trunyan. Pegunungan spektakuler sekitar Kintamani dengan Danau Kawah yang dalam dan bual yang panas, membuat daerah ini harus dikunjungi. Danau Batur adalah danau terbesar di Bali dan wilayah ini menawarkan beberapa pemandangan yang tak terlupakan yang akan anda temui di mana saja di pulau itu. Danau Batur juga terdapat sungai bawah tanah dan mata air di lereng selatan gunung. Banyak wisatawan local dan manca Negara yang menikmati kintamani dari jarak jauh, dijalan utama, anda bisa memarkir kendaraan dan singgah untuk menikmati hamparan danau batur dan megahnya Gunung batur, karena udara Kintamani yang dingin maka akan lengkap bila ditemani dengan segelas kopi panas atau semangkuk bakso yang ada disana.
Daerah Kintamani merupakan kerajaan paling awal yang dikenal di Bali, yang berasal dari abad kesepuluh.
Tour ke Kintamani adalah sebuah pengalaman yang sangat mengesankan di mana kawasan Kintamani memiliki panorama yang sangat indah, terletak di dataran tinggi dan dikelilingi oleh suasana pegunungan dengan tiupan angin dari Gunung Batur. Hamparan Danau Batur terlihat jauh di bawah beserta rumah penduduk lokal.
Adapun beberapa aktivitas yang bisa di lakukan di tempat wisata Danau Batur di Kintamani Bali yaitu mengelilingi danau dengan menyewa perahu kecil dan juga bersantai sambil menikmati suasana yang sejuk sambil berfoto ria bersama sahabat atau keluarga tercinta. Anda juga bisa melakukan kegiatan memancing dengan menyewa peralatan pancing yang bisa anda dapatkan dari pengelola objek wisata Danau Batur tersebut.

Selain memancing, Anda juga bisa menikmati wisata kuliner di Kintamani seperti aneka olahan ikan mujair yang merupakan makanan khas di Desa Batur. Disamping itu juga anda juga bisa menikmati liburan anda dengan mandi di tempat permandian air panas Toya Bungkah di Kintamani. Objek wisata Toya Bungkah ini sering di kenal dengan nama Batur Natural Hot Spring.

Sumber air panas di objek wisata Air Panas Toya Bungkah berasal dari kaki gunung Batur, yang merupakan gunung berapii yang masih aktif sampai saat ini. Dan merupakan salah stu tempat wisata di Bali yang menarik untuk di kunjungi...

Demikian ulasan kali ini semoga bermaanfaat...

0 komentar:

Post a Comment